SEKILAS INFO
  • 5 bulan yang lalu / Kami membuka peluang Gratis Pembuatan Website Untuk Pondok Pesantren Profesional Gratis Untuk Semua Daerah Silahkan Contact Kami Via WhatsApp
  • 7 bulan yang lalu / Selamat Datang di Situs Sejarah Kuamang Kuning, Jika Membutuh Informasi Silahkan Hubungi Nomor Kami yang tersedia di website kuamangkuning.com
WAKTU :

Sejarah

Sejarah

Sejarah Kuamang Kuning dan salah satu Potret Suksesnya Program Pemerintah Daerah Kabupaten Bungo

“Ayo nek kalau mau ikut kesumatra… nenek gak kangen sama ibu….”

“Gak, aku gak mau…. Disana masih hutan, aku takut nanti di makan macan….”

Itu adalah salah satu percakapanku dengan nenek ketika beberapa tahun yang lalu aku menyambanginya di lengkong krajan jember jawa timur, agak menggelikan memang tapi ini adalah keyakinan nenek yang sangat sulit aku rubah walau dengan berbagai cerita yang menyenangkan agar beliau mau ikut mengikutiku untuk tinggal bersama ibu di Sumatra.

Ya ibuku adalah salah satu dari ribuan orang yang mengikuti program pemerintah di era 80’an untuk hijrah dari pulau jawa dalam satu bingkai mega proyek bernama transmigrasi. Kebetulan kami di tempatkan di propinsi jambi.. tepatnya di kuamang kuning IV kec.pelepat ilir kab.muara bungo.

Memang pada awalnya tempat tinggal kami adalah kawasan hutan hingga akhirnya pada tahun 1997’an daerah kuamang kuning telah disulap oleh pemerintah menjadi kawasan perkebunan kelapa sawit. Ya komoditi unggulan inilah yang telah mampu merubah wajah kuamang kuning yang semula termasuk desa tertinggal menjadi salah satu contoh daerah yang memiliki pendapatan perkapita cukup besar.

Bagaimana tidak…Setelah kelapa sawit menjadi salah satu komoditi perkebunan yang diperhitungkan, penduduk kuamang kuning yang mayoritas adalah petani kelapa sawit semakin diuntungkan dengan melambungnya harga sawit hingga mencapai diatas Rp.1500/kg. bayangkan jika rata rata per kapling menghasilkan 4 ton sawit per bulan maka penghasilan petani tak kurang dari 6 juta per bulan….

Bagaimana dengan mereka yang memiliki lebih dari 1 kapling…????
hal ini tentu saja memicu semakin pesatnya pertumbuhan ekonomi di Kuamang Kuning. ” Di mana ada uang disitu pasti ada barang, fasilitas dan kebutuhan hidup lainya pun berdatangan dan mudah didapatkan ” begitulah kira kira hukum ekonomi yamg berlaku di tempat kami sekarang.

Dan Kini, setelah seluruh daerah kuamang kuning dimasuki aliran listrik (PLN) dan jalan telah diaspal kami tak lagi pusing dengan rencana pemerintah yang akan mengurangi subsidi BBM. Karena sekarang kuamang kuning telah tumbuh dan berkembang dengan pesat dan siap menjadi daerah percontohan sebagai kota termaju di propinsi Jambi. semoga !!!

*pada saat tulisan ini di buat harga kelapa sawit menembus angka Rp.1800/kg

*photo sebagian nyolong dari GOOGLE hasil postingan anak anak kuamang kuning hehe….

Konten ini telah tayang di Kompasiana.com dengan judul “Kuamang Kuning: Potret Sukses Program Pemerintah”, Klik untuk baca: https://www.kompasiana.com/dewa_stroom/5501240ea333117f72512d21/kuamang-kuning-potret-sukses-program-pemerintah

Kreator: STROOM
Editor : Kuamangkuning.com