Cara Migrasi dari Blogspot ke WordPress

Tutorial cara mudah migrasi dari blogspot ke wordpress yang bisa anda gunakan untuk memaksimalkan blog baru anda.

Cara Migrasi dari Blogspot ke WordPress
Cara Migrasi dari Blogspot ke WordPress

Cara Migrasi dari Blogspot ke WordPress tidaklah sulit bagi anda yang sudah terbiasa menggunakan WordPress sebagai tempat menulis, namun jika anda yang belum pernah menggunakan wordpress tentu ini sangat menyulitkan sekali.

Oleh karena itu, Tutorial Cara Migrasi dari Blogspot ke WordPress ini kami buat bagi anda yang belum pernah dan baru menggunakan wordpress, silahkan simak baik-baik langkah-langkahnya sebagai berikut.

Cara Migrasi dari Blogspot ke WordPress

Sebelum anda melangkah lebih jauh ke Blog WordPress ada baiknya anda perlu mengetahui, kelebihan dan kekurangan WordPress, namun pada kenyataanya WordPress sudah menyediakan tools untuk mengimpor semua postingan blog lama (lengkap dengan komentar pembaca) dari blogger ke blog yang baru yaitu wordpress self hosted secara otomatis.

Banyak kelebihan wordpress yang nantinya akan kita ulas pada waktu dan kesempatan yang berbeda, namun untuk kali ini silahkan simak dahulu langkah-langkah migrasi dari blogspot ke wordpress ini.

1. Instal wordpress

Cara Migrasi dari Blogspot ke WordPress yang pertama pastikan Anda sudah melakukan installasi wordpress pada hosting Anda. Instal wordpress bisa langsung masuk ke website wordpress.

2. Export data blog

Sebelum melakukan migrasi blogger ke wordpress baru, maka Anda harus export data blog terlebih dulu. Caranya adalah masuk ke admin blogger > Setelan > Lainnya. Kemudian pada menu Import & cadangan klik tombol Cadangkan Konten.

Cara Migrasi dari Blogspot ke WordPress
Cara Mencadangkan Artikel Blogspot

Nanti akan muncul kotak yang bertuliskan simpan ke komputer. Anda bisa langsung klik untuk melanjutkannya. Kemudian data Anda akan terunduh pada komputer atau laptop dengan format XML.

3. Import blogger ke wordpress

Jika download data blogger berhasil, maka langsung saja ke wordpress yang sudah diinstal tadi. Pastikan domain dan hosting Anda aktif dan telah terinstal wordpress.

Kemudian masuk ke Dasboard admin WordPress anda, kemudian klik Tools > Import. Kemudian pilih blogger. Selanjutnya pilih Install Now di dashboard wordpress Anda.

Import blogger ke wordpress
Import blogger ke wordpress

Di sini Anda memerlukan plugin Blogger Importer untuk memindahkan file XML Anda ke website wordpress. Maka plugin otomatis akan aktif dan klik Run Importer sebelum Anda mulai memindahkan data wordpress.

Selanjutnya Anda bisa pilih Choose File untuk mengunggah file XML yang sudah ada di komputer Anda. Kemudian, klik Upload File and import.

Langkah selanjutnya adalah mengganti authors dari user blogger ke user WordPress, lalu klik Submit untuk mengupload data konten dan media blogspot ke wordpress. Anda bisa menunggu hingga proses instalasi selesai, sampai Anda mendapatkan tampilan All done.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *